Rumah layak Huni dan Layak Konstruksi


Rumah Layak Huni.

Bagaimanakah Rumah yang layak huni tersebut, dan apa kriteria-kriteria yang layak dan pantas suatu rumah dikatakan layak huni.
Menurut Ilmu arsitektur rumah yang baik bukan saja layak huni tapi juga layak konstruksi,dasar
ilmiahnya dalah sebagai berikut.

Yang dimaksud dengan layak huni ditinjau dari segi tehknis diantaranya adalah:
-Tata Ruang .
Tata ruang dari rumah tersebut mencukupi untuk kebutuhan dari keluarga yang menghuni rumah tersebut,contoh Tata Ruang cukup tersebut adalah kalau suatu rumah ada ruang tamu,,ada ruang keluarga,dan punya beberapa ruang tidur,serta dapur dan ruang makan dan tentu saja kalau ada gudang buat penyimpanan barang-barang bekas, yang belum terpakai.

-Ventilasi.
Apakah rumah tersebut tersedia cukup ventilasi untuk penerangan, baik penerangan cahaya alami dari sinar matahari, maupun udara segar yang berasal dari udara alamiah, bukan pendingin ruang seperti AC, jadi mengurangi pemakaian AC dalam ruangan rumah, rumah yang sedemikan rupa bisa dikatakan hemat energy, kenapa penulis katakan hemat energy, karena pemakaian lampu listrik hanya untuk waktu tertentu saja, sedangkan pada siang hari penerangan cukup pakai penerangan alamiah,sinar matahari, yang langsung bisa masuk keruangan,karena cukupnya ventilasi dan jendela dari rumah tersebut.

Dimensi Ruang.
Apa yang dimaksud dengan dimensi ruang, dimensi ruang adalah ukuran dari rumah tersebut, contoh ruang tempat tidur standard dimensinya yang umum minimal adalah 3 x 3 m dan bisa lebih.
Ruang tamu dimensi minimal 3 x 3m
Ruang keluarga dimensi minimal bisa 4 x 5m
Ruang Toilet atau WC minimal  1.5 x 1.5m
Dan apabila dimensi ruang dari rumah tersebut sesuai dengan standard pada umunya, maka rumah tersebut masuk pada tingkat kategori layak huni.

Tinggi Rumah.
Berapa idealnya tinggi rumah yang layak huni tersebut,diukur dari lantai sampai ke plafon,ukuran standard umumnya dari lantai sampai plafon cukup 2,80 m, sedangkan dari lantai sampai ke ring balok standardnya cukup 3 meter.
Dengan ukuran standard tinggi seperti itu, orang yang berada dalam rumah tersebut tidak merasa sumpek, karena antara luas dan tinggi seimbang,jadi udara masuk pun menjadi lebih leluasa dalam rumah tersebut.

Layak Konstruksi:
Apa yang dimaksud dengan rumah yang layak konstruksi.

Rumah yang layak konstruksi ini jelas berhubungan langsung dengan konstruksi dari bangunan tersebut, apa saja konstruksi-konstruksi pendukung dari rumah tersebut diantranya:

Pondasi,sloof beton bertulang, dinding, tiang atau kolom,rangka atap dan penutup atap.
-Pondasi, apakah pondasi dari rumah tersebut, sudah layak konstrruksi dan memenuhi standard kekuatan beton yang dinginkan, atau rumah tersebut malah tidak pakai pondasi.

Diantara jenis pondasi yang baik dan memenuhi standard kelayakan rumah layak konstruksi diantaranya adalah,Pondasi batu kali,pondasi cor beton tanpa tulang, pondasi plat beton, pondasi boorpail dan pondas tinag beton.

Dan perlu diingat tidak semua jenis pondasi cocok dan layak untuk semua jenis rumah, contoh Rumah yang type besar dan bertingkat, tidak cocok untuk jenis pondasi batu kali ataupun jenis pondasi bata merah atau roolag, dan kalau dipaksakan maka rumah tersebut tergolong tidak layak konstruksi,karena rumah dua lantai tapi dipaksakan pakai pondasi yang satu lantai.

Rumah yang baik dan layak konstruksi sesuai antara type rumah dengan jenis pondasi yang dipakai, contoh kalau rumah type kecil type 36m2 dan tidak bertingkat, maka pakailah jenis pondasi batu kali ataupun jenis pondasi roolag bata merah, jangan dipakai jenis pondasi plat setempat,bukan tidak bisa tapi termasuk pemborosan dalam hal pembiayaan, jadi rumah layak konstruksi juga erat hubunganya dalam hal pembiayaan.

Tiang atau kolom,rumah layak konstruksi rumah tersebut harus pakai  tiang beton, tiang atau kolom yang dipakai besi pokok 4 buah dan pakai behel jarak 15 sampai 20 cm, dan kolom tersebut harus di cor ke dinding pasangan bata merah.

Ada juga kadang –kadang rumah yang penulis temukan dilapangan yang kolomnya tidak pakai besi dan tidak di cor, malah hanya pakai bata merah yang dipasang dan disusun sirih, inilah yang termasuk rumah yang tidak layak konstruksi.

Untuk sementara itu dulu sohib,nanti kita bahas lagi atau mungkin diantara pengunjung ada yang mau nambahin komentar monggo silahkan...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah layak Huni dan Layak Konstruksi"

Posting Komentar

Terimaksih Anda Telah Berkunjung ke blog ini.