Rumah Layak Konstruksi


Rumah Layak Konstruksi

Apa yang di maksud dengan rumah yang layak konstruksi ?
Artikel ini melanjutkan artkelnya yang lalu dengan judul, Rumah layak huni dan rumah layak konstruksi, kadang-kadang  rumah layak huni belum tentu layak konstruksi, karena konstruksi erat hubunganya dengan kekuatan suatu struktur Bangunan.


Apa-apa saja yang mempengaruhi kekuatan suatu struktur konstruksi Bangunan, mari  kita bahas secara adat heheh..
1.      Pondasi
2.      Sloof
3.      Tiang atau kolom
4.      Dinding
5.      Ring balok
6.      Rangka Atap
7.      Penutup Atap.

Pondasi
Pondasi adalah struktur konstruksi paling bawah, dari suatu bangunan. Artinya pondasi inilah yang berfungsi memikul beban mulai dari atas atap dan di teruskan sampai ke dinding, semuanya ini di pikul bebanya oleh pondasi.
Ada beberapa jenis pondasi, pondasi Batu kali, pondasi rolaag, pondasi plat setempat, pondasi cakar ayam dan pondasi boor pail.
Pondasi lah, yang punya peran besar dalam hal  kekuatan suatu bangunan, apabila pondasi kuat maka sudah bisa dipastikan rumah itu juga kuat dan kokoh.

Sloof

Sloof ini berfungsi untuk memikul beban dinding, sehingga dinding tersebut “berdiri” pada beton yang kuat, sehingga tidak terjadi penurunan dan pergerakan yang bisa mengakibatkan dinding rumah menjadi retak atau pecah. Selain itu Sloof juga memiliki fungsi sebagai berikut :
1.     Menerima beban dari bagian bangunan diatasnya, seperti pasangan dinsing, pintu, jendela, dan sejenisnya.
2.     Meratakan beban yang diterima dari bangunan diatasnya untuk kemudian disalurkan menuju pondasi.
3.     Sebagai pengikat antar kolom sehingga struktur bangunan menjadi kaku dan aman terhadap goncangan akibat angin, gempa, dan lain – lain.
4.     Sebagai dinding penahan material urugan tanah, pasangan keramik dan berbagai macam pekerjaan lantai bangunan agar bisa tetap berada pada posisi yang direncanakan.
5.     Sloof juga bisa difungsikan sebagai ornamen untuk memperindah arsitektur bangunan, terutama sloof yang lokasinya diatas permukaan tanah sehingga bisa langsung terlihat oleh mata memandang.

Tiang atau Kolom/ kolom praktis

Pengertian kolom praktis.


Kolom praktis adalah struktur kolom (biasanya dari beton) yang umunya dipasang pada dinding bangunan dengan jarak 3 - 4 meter yang berfungsi untuk perkuatan dinding agar lebih kokoh, stabil, tidak mengalami keretakan.

Ukuran atau dimensi dari kolom praktis pun biasanya disesuaikan dengan ketebalan dinding, sehingga struktur kolom praktis tidak terlihat bila dinding sudah di plester dan di cat, sehingga tidak mengganggu estetika.


Struktur Dinding..
Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan/ membentuk ruang. Ditinjau dari segi struktur dan konstruksi, dinding ada yang berupa dinding partisi/ pengisi (tidak menahan beban) dan ada yang berupa dinding struktural (bearing wall).
 Dinding pengisi/ partisi yang sifatnya non struktural harus diperkuat dengan rangka (untuk kayu) dan kolom praktis-sloof-ringbalk (untuk bata).
 Dinding dapat dibuat dari bermacam-macam material sesuai kebutuhannya, antara .

a. Dinding batu buatan : bata dan batako
b. Dinding batu alam/ batu kali
c. Dinding kayu: kayu log/ batang, papan dan sirap
d. Dinding beton (struktural – dinding geser, pengisi – clayding wall/ beton pra cetak)

Ring Balok.
Pengertian Balok Ring
Balok ring adalah balok beton yang terletak di atas dinding bangunan.
Balok ini berfungsi mengikat dinding yang ada dibawahnya, stabilisator dan pengunci ujung atas balok kolom, serta menerima beban dari rangka atap atau bagian lain yang ada diatasnya meratakannya lalu meneruskannya kebagian bangunan yang ada dibawahnya terutama pada balok kolom.
Rangka Atap.
Rangka atap juga memiliki struktur - struktur yang ada didalam nya .
 semua struktur - struktur di dalam rangka atap memiliki fungsi nya masing - masing . mungkin diantaraanda  belum mengetahui struktur - struktur apa saja yang ada yang ada di dalam rangka atap .
 jika anda belum mengetahui struktur - struktur yang ada di dalam nya , tenang saja pada kesempatan kali penulis  akan membagikan Struktur -Struktur Yang Terdapat Pada Rangka Atap 
.
berikut ini adalah struktur - struktur yang terdapat di dalam rangka atap .

1.      Kuda - Kuda
2.      bubungan (Nok)
3.      Gording
4.      Reng
5.      Usuk
6.      Jurai luar dan dalam

Penutup Atap

Atap merupakan bagian dari bangunan gedung (rumah) yang letaknya berada dibagian paling atas, sehingga untuk perencanaannya atap ini haruslah diperhitungkan dan harus mendapat perhatian yang khusus dari si perencana (arsitek).Karena dilihat dari penampakannya ataplah yang paling pertama kali terlihat oleh pandangan setiap yang memperhatikannya.

Untuk itu dalam merencanakan bentuk atap harus mempunyai daya arstistik.Bisa juga dikatakan bahwa atap merupakan mahkota dari suatu bangunan rumah. Atap sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya, sehingga akan terlindung dari panas, hujan, angin dan binatang buas serta keamanan.


Atap merupakan bagian dari struktur bangunan yng berfungsi sebagai penutup/pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunaan bangunan.

Nah dari uraian diatas sudah jelas dan terang benderang bagi kita semua, apa yang dimaksud dengan rumah layak konstruksi, apabila suatu rumah memenuhi standard ketentuan seperti yang telah kita bahas diatas, dan memenuhi syarat, maka rumah tersebut layak dikatakan dengan rumah layak konstruksi..

Sumber artikel kami ambil dari beberapa kutipan, para parktisi konstruksi, blog, majalah dan juga hasil seminar konstruksi, dan beberapa pengelaman penulis dilapangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Layak Konstruksi"

Posting Komentar

Terimaksih Anda Telah Berkunjung ke blog ini.