Bisnis Developer,Kontraktor, atau Konsultan


Bisnis Developer,Kontraktor, Konsultan
Pebisnis Developer, kontraktor atau konsultan

Apa yang membedakan ketiga bisnis ini, dan dimana letak kesamaanya,  dan lebih enak mana dari segi bisnisnya, serta lebih mudah mana, baik dari sisi modal dan tingkat keahlian, dari ke tiga bisnis ini , mari sobat kita uraikan satu persatu.


Developer, apa itu Developer.

Developer  disebut juga dengan istilah pengembang, apa yang dikembangkan, Developer mengembangkan suatu kawasan, kawasan tersebut sudah pasti bersifat hunian, atau kawasan hunian yang sifaatnya seperti kota mandiri, jadi kira-kira Pengusaha developer itu, mengembangkan suatu kawasan yang mana kawasan tersebut di jadikan tempat tinggal/ Hunian, atau bisa juga kawasan pariwisata yang mana disitu disediakan saranaa olah raga, serta hunian.

Developer ditinjau dari sisi permodalan./Developer modal dengkul

Bisnis pengembang ini atau developer, bisnis dengan padat modal, artinya modal yang dikeluarkan di awal lebih besar.

-Karena developer harus cari lahan/ tanah yang akan dijadikan kawasan perumahan, tentu harga tanah tidaklah murah. Minimal di perlukan modal buat Dana awal beli tanah.

Kalau lahan sudah didapat untuk dijadikan lokasi perumahan, tentunya lahan tersebut harus di bersihakan dari semak belukar, dan dalam hal ini tentu saja butuh alat berat, untuk bisa mnegerjakan lokasi tersebut sampai bersih, dan langsung bisa di buatkan kaplingan dari unit rumah tersebut,serta jalan lingkungan untuk masuk ke lokasi perumahan tersebut, dan ini di perlukan biaya di depan, tidak boleh hutang sobat, hehe, setelah lokasi di bersihkan, tentu sobat perlu urus ijin perumahan sobat tersebut, supaya bisa ijin ke luar, ada sarat-syarat yang harus di penuhi.

-Urus ijin-ijin legalitas ke Pemda daerah setempat, legalitas buat urus ijin perumahan juga tidaklah murah ini, karena sekarang sudah otonomi daerah harga di sesuaikan  dengan masing-masing daerah tentu berbeda.

Ijin-ijin apa saja yng di perlukan untuk kelengkapan ijjin perumahan tersebut.dimulai dari, iji prinsip/ atau ijin lokasi, IMB ( ijin mendirikan Bangunan ), pecah sertifikat, serta sertifikat yang sudah turun hak, dari SHM ke HGB. Serta Peil banjir, pernyataan lokasi tersebu bebas banjir, terakhir adalah pengesahan site plan, dari kantor KEMEN PU PERA, daerah setempat. Semua perijinan tersebut haru s dibayar Cash tunai tidak boleh hutang, disinilah sobat property, diperlukan modal di awal atau di depan.

Kesimpulan dari Developer, kenapa dikatakan padat modal, karena memang bisnis ini, butuh modal besar di awal, karena developer pengembang  sama dengan juga pedagang, pedagang yang jualan rumah.

Bagaimana dengan kontraktor , apa yang sobat ingin tahu dari bisnis kontaktor.


Kontraktor, adalah bidang usaha yng bergerak di bidang jasa, jasa apa saja yang ditawarkan oleh kontarkotr, mereka ini lebih ke pada jasa keahlian.

Jenis-jenis keahlian kontraktor, ada kontrakotr khusus, gedung- kontraktor ini biasany ahli dalam hal membuat gedung bertingkat, seperti apartemen, hotel dan perkantoran.
Kontraktor jalan.

Kontraktor yang beginian ahli dalam hal, membuat jalan- baik jalan propinsi maupun jalan tol, biasanya kontraktor, seperti ini temasuk kontraktor besar,Seperti Hutama karya, atau Ady Karya.
Kontraktor Tambang.

Biasanya kontraktor ini bergerak dibidang tambang, seperti gas alam,atau pengeboran minyak lepas pantai, bisa juga tambang emas ataupun batu bara.
Kontraktor pengairan.

 Kontraktor ini biasanya, ahli dalam hal pekerjaan yang berhubungan dengan air, seperti buat bendungan irigasi, ataupun panta reklamai. Serta ahli dalam pengerukan sungai, sehingga sungai jadi lebar dan dalam.

Kontraktor Juga termasuk jenis usaha padat modal.


Kontraktor , sebelum mereka melakukan pekerjaan, biasanya kontrakotor harus melakukan survei kelokasi  di mana proyek yang merek akan kerjakan, contoh kantor pusat kontraktornya berada di Jakarta, tapi lokasi proyek yang akan dikerjakan berada di Daerah lain, seperti Sulawesi, nah dalam hal ini tentu saja mereka butuh modal awal buat mondar mandir antara Jakarta dan sulawesi sampai survei selesai, survei di butuhkan  untuk mencari data-data yang di perlukan, untuk pelaksanaan proyek mereka tersebut.

Sebelum  mereka melaksanakan pekerjaan biasanya kontrakotr, perlu stock matrial terlebih dahulu di lokasi proyek yang mereka akan kerjakan, atau mereka perlu pesan jenis matrial yang sifatnya fabrikasi, pesan langsung ke pabrik, seperti precast beto n pracetak, nah disinilah di perlukan modal awal.

Walaupun kontraktor setiap teken kontrak dari pihak owner mendapatkan 30 persen dana awal untuk bekerja, bukan bearti kontraktor hanya mengandalkan dana itu saja untuk memulai pekerjaan, biasanya dihitung bedasarkan rumus, kalau mereka dapat DP 30 persen, untuk dana awal, maka mereka kontrakotr juga harus menyiapkan dana awak pribadi sebesar 30 persen juga, buat jaga-jaga atau savety.

Bagaimana dengan Konsultan, apa yang menarik dari binis ini..


Apa itu konsultan :
 Berasal dari kata Konsul, berarti tempat berkonsultasi, sedangkan konsultan itu sendiri, yang akan memberikan solusi untuk calon ownernya.

 Bicara konsultan, banyak model dan klasifikasi jenis konsultan di luar perencanaan seperti, konsultan keuangan, konsultan ekonomi, dan pajak, ada konsultan politik, tapi yang akan kita bahas disini adalah khusus konsultan perencanaan.

Konsultan adalah, suatu usaha yang bergerak dibidang keahlian khusus di bidang perencannaan, perencanaan disini bisa saja perencanaan gedung, perencanaan jalan dan jembatan, perencanaan dermaga an pelabuhan laut, pada intinya kalau suatu pekerjaan yang berhubungan dengan perencanaan awal, maka itulah pekerjaan konsultan, tenaga ahli konsultan biasanya terdiri dari Insinyur Arsitek dan Insinyur Sipil, dan disiplin illmu lainya Bisa Mesin, elektro dan elektronika.

Bagaimana sistem kerja konsultan perencanaan.

Konsultan itu sistem kerja team, mereka tidak bisa kerja sendiri-sendiri, beberapa disiplin ilmu bergabung dalam suatu team untuk merencanakan suatu pekerjaan atau proyek, bisa saja proyek tersebut dalam hal ini buat perencanaan gedung Hotel minsalkan.

Team perencanaan biasanya di ketuai oleh seorang arstitek Senior, dan mereka punya team khusus yang punya disiplin ilmu yang berbeda-beda satu sama lainya, seperti ilmu sipil, ilmu mesin, ilmu elektro, ilmu lansekap, dari semua displin ilmu tersebut terbentuklah suatu team yang dinamakan dengan konsultan, mereka ini lah yang ahli dalam hal perencaan, dan dari perencanaan tersebut terciplah suatu mahakarya proyek yang besar, seperti perencanaa n Hotek berbintang, rumah sakit, dan apartemen.dan gedung-gedung tinggi lainya.

Bisnis konsultan tidak termasuk pada jenis padat modal.


Ini hebatnya bisnis konsultan, kalau bisnis lain, seperti Developer dan kontraktor, jenis usah padat modal, harus ada modal awal yang keluar, sedangkan kelebihan konsultan biasanya, begitu owner mau konsultasi, maka konsultan sudah dapat uang, konsultasi biasanya dibayar diawal 10 persen dari nilai perencanaan, konsultan nyaris tidak memerlukan modal besar, untuk bisa bergerak.

Tugas konsultan perencana
  • Membuat skema / konsep pemikiran awal (maksud dan tujuan).
  • Desain dari pra-direncanakan (situasi, denah, elevasi dan pemotongan). Termasuk data lapangan kerja investigasi / kondisi lokal / lingkungan, bekerja untuk menyiapkan proposal (deskripsi dari kebutuhan lokal).
  • Buat sebuah implementasi dari kolom foto, detail gambar dan bestek (deskripsi dari Rencana Kerja dan Syarat).
  • Berikut penjelasan menggambar rencana dan bestek pekerjaan (Aanwijsing).
  • Setelah proses penawaran pekerjaan (tender).
  • Melakukan pengawasan berkala (eksekusi kesesuaian bestek pekerjaan di lapangan, dan kesesuaian dalam hal arsitektur).
Tahap Rancangan Pelaksanaan Sasaran rancangan pelaksanaan
  • Untuk memastikan dan menjelaskan ukuran dan karakter dari proyek membentuk komprehensif dan terpadu.
  • Untuk mematangkan konsep desain / desain keseluruhan, terutama dalam hal sistem keselarasan yang terkandung di dalamnya baik dari segi kelayakan dan fungsionalitas, estetika dan bangunan ekonomi.
  • Sistem konstruksi / struktur dan instalasi mekanikal dan elektrikal kelayakan rekayasa dianggap baik secara individu maupun secara keseluruhan.

Dari ketiga bisnis diatas, Develeper, kontraktor dan konsultan, sobat property cocoknya  dimana, soalnya ketiga bisnis tadi sama hebatnya, tapi sebelum memutuskan untuk mencoba salah satu bisnis diatas tadi, Seperti Developer, Kontraktor dan Konsultan, ada baiknya sobat tahu lebih dahulu, karakter sobat type yang mana, kalau sobat type orang yang senang pekerjaanya sifatnya mobile, sisitem kerja yang selalu berganti-ganti tempat dan lokasi, maka sobat property lebih baik, di bisnis Kontraktor.

Tapi apabila sobat senang  dengan sifat kerja yang berhubungan dengan Desain dan perencanaan, dan tidak begitu suka dengan sifat pekerjanya Mobile, maka kami sarankan di Bisnis Konsultan.
Kalau tipe sobat, sama dengan penulis, type pedagang, mungkin lebih tepatnya jadi pengembang di Developer, semuanya kembali pada sobat property, apapun pilihan bisnis sobat property, yakinlah semuan hebat dan semuanya okew.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisnis Developer,Kontraktor, atau Konsultan"

Posting Komentar

Terimaksih Anda Telah Berkunjung ke blog ini.