Tukang Bangunan Yang Pintar

Tukang Bangunan yang Pintar.

Dalam artikel kali ini penulis mencoba menguak sisi lain dari seorang tukang bangunan.
Yang notabenenya adalah rata-rata berpendidikan rendah, tidak intlektual dan gampang di bodoh-bodohin, iets jangan salah menilai seseorang dari penampilan dan profesinya alias pekerjaanya .

 Ternyata tukang bangunan lebih pintar dari yang kita duga, penulis akan mencoba untuk membuka tabir rahasia ini, dimana letak pintarnya seorang tukang bangunan.

Berdasarkan hasil riset dan penelitian dan juga pengelaman penulis sebagai pemborong bangunan, tentu saja pekerjaan penulis selalu berhubungan dengan tukang bangunan, disitu penulis mendapatkan pengelaman dan bisa menyimpulkan bahwa ternyata tukang bangunan, pada dasarnya memang pintar-pintar, dan tidak bodoh-bodoh amat aliias goblog.
 ceriita warungku

Pintar yang bagaimanakah yang dimaksud disini, mari kita ulas, satu persatu.
-Tukang banguna pintar bernegosiasi.
-Tukang bangunan Pintar bersiasat.
-Tukang bangunan pintar dalam bergaul.
-Tukang bangunan pada umumnya pintar dalam hal meniru.
-Tukang Bangunan pintar bersilat lidah.

-Tukang Bangunan Pintar Bernegosiasi.
Hati-hati bernegosiasi dengan tukang bangunan, sehebat-hebatnya kita sebagai owner atau pemilik proyek bangunan, tetap saja kalah dalam bernegosiasi dengan tukang bangunan, contoh. kasus  seperti ini sering penulis hadapin.
Kalau ada proyek baru di mulai, tentu saja kita butuh tukang bangunan, karena mereka lah nantinya yang akan mengerjakan bangunan tersebut, dan sebelum di proyek tersebut di kerjakan oleh si tukang bangunan tentu harus ada kesepakatan antara pemilik bangunan dengan tukang yang akan mengerjakan bangunan tersebut.

Kesepakatan tersebut yang paling utama kalau dengan tukang tentu urusan upah, biasanya harga upah pemilik bangunan akan mencari harga yang paling murah, sedangkan tukang tentu meminta bayaran yang tinggi.

Dalam hal ini biasanya, kalau penulis kan sudah paham standard upah tukang secara nasional, karena penulis bergerak di bidang kontraktor.
Biasanya penulis kalau urusan upah dengan tukang, penulis sendiri langsung yang tawarin ke tukang  tersebut, karena memang sudah saling kenal .
hee broo pekerjaan ente ini-itu ini, dan kasi gambar kerja atau bestek, suruh hitung sebentar oleh mereka, tapi putusan tetap sama penulis, dan bisanya situkang ikut saja, karena memang kita paham dan mengerti berapa upah tukang yang sebenarnya.

Dan bagaiman kalau dengan anda yang mau pakai jasa si tukang bangunan, tapi anda sendiri tidak tau berapa upah standard kerja harian situkang, disini lah biasanya anda akan menyerahkan sepenuhnya kepada situkang bangunan tadi harga upah  mereka.
  Karena anda tipe orang yang tidak mau ribet dengan urusan begituan, pada akhirnya anda menyerahkan saja kepada situkang berapa harga yang dia minta.
Pada akhirnya anda akan menyesal dengan ketidak tauan anda tadi,

Soo, solusinya bagaimana, cara bernegosiasi dengan Tukang Bangunan, supaya anda tidak tertipu?
Ini tips-tips dan trik yang akan saya bagikan kepada anda.

pertama, kalau rumah yang anda bangun sendiri tanpa melibatkan pihak kedua seperti kontraktor, maka anda adalah mandornya dan juga pelaksana dari rumah anda sendiri.

Artinya yang akan bernegosiasi dengan tukang bangunan tentu anda sendiri, anda yang cari tukangnya dan anda juga yang menentukan tukang yang dibutuhkan berapa orang.

Tanya-tanya dulu keberepa orang yang pernah memakai jasa tukang bangunan, minta referensi kebeberapa orang, dan lihat hasil karya mereka, dimana saja, tukang bangunan yang direferensikan tadi pernah bekerja, tanya kepada pemilik bangunan yang rumahnya pernah dikerjakan tukang tersebut, apakah mereka puas dengan hasil kerja tukang tersebut.

Kalau anda sudah tau hasil karya situkang bangunan tadi, dan anda tertarik untuk memakai jasa mereka, maka tugas selanjutnya adalah, negosiasi.
Sebelum anda  negosiasi masalah harga pastikan juga anda sudah dapat bocoran dari teman anda, berapa upah tukang standard harian, dan berapa upah kalau main borongan, ini sangat penting anda lakukan.

Bicara masalah harga dengan tukang bangunan, anda perlu agak mendetail,jangan bicara masalah harga bangunan dirumah saja, atau hanya di kantor anda saja, bawa mereka ke lokasi proyek yang akan dikerjakan.

Dengan membawa mereka ke lokasi proyek yang akan dikerjakan, mereka punya bayangan, bayangan apakah pekerjaan yang akan mereka kerjakan nanti tingkat kesulitanya tinggi, atau biasa-biasa saja.

Biasanya tukang bangunan yang pintar, mereka akan ukur, seberapa jauh, tempat tinggal mereka dengan jarak ke proyek tersebut, karena ini menyangkut masalah transpotasi, transportasi yah pasti urusan uang yah.

Dan pastikan anda sudah punya gambar acuan kerja bagi situkang, gambarnya bisa gambar bestek, tapi kalau anda tidak punya gambar besteknya, maka anda coret-coret saja, artinya anda sudah punya bayangan coretan atau contekan sehingga akan memudahkan bagi tukang untuk menghitung, dan inilah dasarnya nanti bagi tukang untuk memutuskan harga yang pantas, yang akan di tawarkan kepada anda sebagai pemilik bangunan tersebut.

 jadi kesimpulan harga dan upah tukang, tidak bisa anda putuskan sendiri juga berdasarkan standard daerah setempat, karena tukang juga punya hitungan berdasarkan tingkat kesulitan dari pekerjaan tersebut, alhasil tergantung kesepakatan anda dan tukang bangunan.
Itulah harga yang sebenarnya.




Belum ada Komentar untuk "Tukang Bangunan Yang Pintar"

Posting Komentar

Terimaksih Anda Telah Berkunjung ke blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel