Cara Minta Dana Developer ke Bank.


Cara Minta Dana Developer ke Bank.

Minta dana developer ke Bank, wah enak yah kedengaranya, seakan akan, sekonyong-konyong bahasa awamnya, kata-kata tersebut diatas, terkesan kalau developer meminjamkan uangnya ke Bank.

Padahal bukan begitu maksudnya sobat.

Dana Developer ditahan oleh Bank, sebagai dana jaminan kalau istilah Bank itu namanya dana Retensi, kenapa ada dana retensi atau dana yang ditahan oleh Bank, jadi begini sobat biar jelas dan terang benderang.
www.rumahkujambi.com


Sebagai Developer setiap mau menjual rumahnya kepada konsumen melalui cara kredit, tentu developer berurusan dengan Bank penyelenggera KPR ( Kredit kepemilikan Rumah) dalam hal ini bank mana saja yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai penyelenggara Kredit KPR. 

Tapi dalah hal ini penulis kerjasamanya dengan BankTabungan Negara (BTN Cabang Jambi)
Jadi kalau setiap akad, maka oleh pihak Bank dana developer tidak di cairkan semua oleh bank penyelenggara KPR, baiasnya dipotong 10 persen sampai 15 persen oleh Bank penyelenggara KPR, tergantung apa saja pekerjaan yang belum selesai dilapangan, 
dan yang sudah selesai, contoh.
Kalau di proyek sobat, ternyata ada bagian-bagian yang belum selesai seperti bestek,jalan belum perkerasan drainase belum selesai, listrik belum terpasang, sertifikat balik nama belum selesai, ini semua di hitung oleh Bank, itu lah dana yang ditahan oleh Bank penyelenggara, yang disebut dana retensi.

Dana retensi ini adalah dana Developer yang ditahan oleh Bank yang sifatnya sementara, dan kalau pekerjaan dilapangan telah diselesaikan oleh pihak developer, maka pihak developer bisa ajukan permohonan pencairan dana retensi.

Bagaimana cara meminta pihak Bank supaya cairkan dana retensi milik developer, ini yang akan kami berikan contoh surat permononanya, cara ini juga kami lakukan, seperti di bawah ini.

No          : 27/SRT/MZI/XII/2019  
Lampir   : 2(Dua) berkas
Muaro Tebo,27 Desember 2019
Kepada YTH :
PT. Bank Tabungan Negara (persero)Tbk
Cabang Jambi di
JAMBI
Perihal Permohonan Pencairan PPJB dan dajam Sertifikat.
Dengan Hormat.
Bersama ini kami sampaikan Bahwa, sebanyak 2 unit sertifikat telah selesai di balik namakan atas Masing-masing konsumen Perumahan Batang Tebo Permai, tanda terima terlampir.
Adapun nama Konsumen 1, Ade Iliyadi tanggal akad 15 mei 2019 sertifikat HGB no 665, AJb No.89/2019
Konsumen 2 Nama : Sunardi tanggal akad 30 September 2019 sertifikat HGb no 311, AJB No.75/2019
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami mohon dapat dicairkan dana dajam sertifikat sebanyak 2 unit dan pencairan PPJB sebanyak 1 unit atas nama debitur Ade Iliyadi.
Dan adapun dana tersebut agar di bukukan ke Rekening Giro PT, Timur laut Property
Dengan Nomor Rekening.00000xxx
Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamnya kami ucapkan Terimaksih.
Jambi, 27 Desember 2019
PT, Timur Laut Property

Alexs/Direktur

Setelah Surat permohonan tersebut diatas, di masukan Bank, maka pihak Bank akan memperlajari dan melakukan survey ulang ke Proyek sobat berada, setelah hasil cek and ricek dinyatakan oke dan sesuai dengan surat permohonan yang sobat ajukan, maka pihak bank akan mencairkan dana retensi proyek sobat tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Cara Minta Dana Developer ke Bank."

Posting Komentar

Terimaksih Anda Telah Berkunjung ke blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel