[google868d443729ad4dbc.html] Rahasia Mudah Jadi Pengembang Property - Blog Property Jambi

Rahasia Mudah Jadi Pengembang Property

Rahasia Bisnis Property

Rahasia yang namanya Rahasia, tentu tidak semuanya di publikasikan kepada kalayak umum.
Tapi ada saatnya rahasia itu dibuka pada umum, disini di artikel ini kami akan buka rahasia apa yang sebenarnay sudah dirahasikan oleh pengusaha property, mari sob kita buka tabir rahasia itu.

Rahasia Bisnis Property.

Sebenarnya Rahasia Bisnis property itu mudah dan simple sob, tidak serumit yang di bayangkan banyak orang.
Hanya memerlukan tiga komponen saja untuk bisa memulai berbisnis property,apakah komponent tersebut, ini yang akan kita bahas.
1.Keahlian atau skil.
2.Pemilik Lahan/Tanah Lokasi.
3.Pemilik Modal.

Pertanyaanya apakah sobat punya ketiga komponen tersebut diatas ?, Kalau iya anda punya ketiga komponen tersebut diatas, maka sobat sudah bisa menjalankan bisnis property tersebut, tapi kalau sobat belum punya ketiga komponen tersebut diatas, sebaiknya jangan dulu masuk ke dunia property, ribet urusanya mah, kalau kata istilah orang betawi.

Tapi sob, begini untuk bisa menjadi pebisnis property, minimal anda punya salah satu dari ketiga komponen tersebut , minimal sobat punya keahlian atau skil di bidang property, artinya sobat pernah bekerja di perusahaan Developer pengembang property dengan di perusahaan pengembang orang lain, modal keahlian itu saja  sudah cukup bagi sobat yang ingin terjun jadi pengembang property.

Keahlian atau skill.

Dengan keahlian dan skil yang sobat punya, sobat satu langkah sudah punya modal untuk memulai terjun sebagai pebisnis property atau sebagai pengembang property, hanya skil dan keahlian.
Apa iya, terus modalnya dari mana, tanah lokasinya kan beli mahal, ini lah sobat yang akan kita bahas selanjutnya, soo mari kita lanjut.

Caranya mudah sekali.

Kuasai lahan Tanah/lokasi

Sobat harus cari lahan tanah yang kira-kira pantas menurut pendapat sobat lahan tersebut dijadikan kawasan perumahan untuk proyek sobat nantinya,strateginya adalah, lahan atau tanah tersebut tidak di beli cash atau tunai, kalau di beli lnagsung tentu harganya sangat mahal , tidak sesuai dengan budget yang akan kita bahas jadi pengembang property hanya modal keahlian saja.

Okee kita anggap sobat sudah mendapatkan lahan untuk dijadikan kawasan perumahan sobat, selanjutnya bagaimana cara supaya lahan tersebut bisa sobat kuasai penuh, tanpa mengeluarkan uang, disini lah point utamanya.

Pengelaman penulis .

Selama ini menjadi pengembang property, mungkin ini bisa dijadikan bahan rujukan, temui pemilik lahan tersebut ajak dulu berteman, setelah anda kenal baik dengan pemilik lahan, dan mereka sudah trust, percaya pada sobat, artinya satu langkah lagi sobat sudah bisa kuasai lahan tersebut.
 Tanpa keluarkan uang yang banyak, penulis tidak katakan juga kalau  hanya modal nol, itu juga tidak benar, minimal dalam hal ini tanah tersebut sudah kita panjar atau tanda jadi pengikat antara sobat sebagai pengembang dengan yang punya lahan.

Ada 2 Cara umum biasanya penulis lakukan dengan pemilik lahan, supaya lahanya bisa kita kuasai sebagai pengembang.

Pertama, lahan atau tanah tersebut kita bayar bertahap. 

Artinya kalau sudah terjadi penjualan, atau telah terjadi akad kredit antara developer dengan konsumen, baru lahan tanah tersebut kita bayar sesuai dengan kesepakatan awal, contoh kalau satu kapling tanah tersebut di hargai dengan angka 10 juta rupiah, artinya kalau terjadi penjualan dalam bulan itu sejumlah 5 unit maka, maka 10 juta kali 5 unit.
 Artinya 50 juta wajib kita bayarkan cicilan tanah tersebut kepada pemilik lahan, begitu seterusnya dan seterusnya, sampai harga tanah atau lahan tersebut lunas, sesuai dengan kesepkatan antara pengembang dan yang punya lahan.

Cara kedua,Kerjasama dengan pemilik lahan.

Cara seperti ini dianggap paling mudah sobat, nyaris sobat tidak keluarkan uang ,karena sistemnya sipemilik
lahan tersebut, kita jadikan mitra bisnis.

Pengelaman penulis dengan cara begini, kita sebagai developer dan sipemilk lahan punya porsi yang seimbang dalam hal pembagian profit karena sipemilk lahan sudah modalin sobat dengan tanahnya dia yang akan dijadikan lahan perumahan.
Untuk bisa di percaya oleh sipemilk lahan, sebaiknya sipemilk lahan kita masukan sebagai pengurus atau bagi saham di perusahaan kita dengan ketentuan sahamnya hanya 10 persen, artinya sipemilk lahan dalam hal bisa kita jadikan sebagai komisaris di perusahaan kita sendiri atau PT.

Cara seperti ini yang penulis terapkan di perusahaan penulis sendiri, artinya penulis atau sobat hanya bermodalkan PT, ( perseroan terbatas) yang pada awalnya saham 100 persen punya penulis, penulis bisa masukan pemilik modal baru dalam hal sipemilik lahan, sebagai komisaris dengan memberikan saham sebesar 10 persen.

Selanjunya, lahan sudah dikuasai dan bisa dikatakan sudah milik sobat, selanjutnya, untuk bisa berjalan perusahaan property sobat tentu hal-hal yang berhubungan dengan ijin-ijin dari pemda serta pembersihan lahan, dan biaya pembangunan rumah perunitnya, tentu sobat harus punya modal, disini mas broo, mental seorang pengusaha diuji, bernyali atau tidaknya sobat inilah titik dimana sobat harus peras otak untuk mencari modal, supaya perusahaan sobat bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Ada 3 Cara Mencari Modal untuk property sobat.
-Berhutang pada pihak ketiga.
-Berhutang Pada Bank, atau istilahnya ajukan kredit ke Bank dalam hal ini kredit pembiayaan.
-Cari Investor.

Oke sobat ketiga cara diatas boleh-boleh saja sobat coba,tapi tentu masing-masing cara punya kekurangan dan kelebihan ada plus minusnya.

-Berhutang pada pihak ketiga.
Untuk cari modal tentu bisa saja, sobat bisa berhutang kepada teman,saudara, mertua atau siapa saja yang percaya pada sobat dan mau menyerahkan uangnya untuk dipakai oleh sobat.

-Berhutang Pada Bank.
Juga boleh ajukan kredit pembiayaan kepada bank, dengan bunga tentu saja sesuai dengan ketentuan bank, itupun kalau Bank percaya pada sobat, biasanya Bank punya ketentuan sendiri dalam hal memberikan kredit pembiayaan kepada pengusaha yang baru,  biasanya bank punya kriteria minimal 3 tahun berpengelaman dan sudah pernah kerjasama dengan bank yang besangkutan sebelumnya, urusanya memang agak panjang dan oleh dikatakan agak ribet.

-Cari Investor.
Ini yang cara yang lebih elegant dan aman, penulis lebih merekomendasikan dengan cara ini, Pakai Investor dalam hal permodalan.

Ada kelebihan cara plus kalau permodalan usaha kita kerjasamanya dengan Investor,yang jelas kalau dengan investor lebih aman karena rata-rata investor profesional dalam hal pengelolaan keuangan, jelas aturan main yang ditetapkan oleh investor, investor bermain di instrumen keuangan, sobat tingal buat casflow kira-kira perusahaan sobat ini ada untung atau tidak, ada profit atau tidak, investor biasanya lebih suka berbicara tentang profit, untuk apa juga modalin perusahaan sobat kalau tidak ada untungnya.

Untuk bisa menyakinkan investor supaya mau kerjasama dengan sobat, maka sobat perlu siapkan instumen-instrumen pendukung dari bisnis sobat diantaranya adalah :

-Siapkan data-data legalitas perusahaan sobat, apakah sobat sudah punya PT, persroan terbatas ini lebih diutamankan, lampirkan dokumen-dokumen seperti yang berhubungan dengan identitas perusahaan sobat.
-Siapkan Gambar siteplan
-Siapkan Gambar Rencana Bangunan, type serta Rencana Anggaran Biaya.
-Buat casflow, berapa lama bisnis sobat akan mendapatkan keuntungan atau profit.
Dan sobat perlu prosentasekan binis sobat ke investor.

Jadilah profesional dibidang sobat, yakin dan percayalah, kalau sobat pandai menyakinkan investor, maka sudah dipastikan bisnis sobat akan berjalan sebagaimana mestinya, artinya sobat sudah bisa dikatakan menjadi seorang pengembang property

Belum ada Komentar untuk "Rahasia Mudah Jadi Pengembang Property"

Posting Komentar

Terimaksih Anda Telah Berkunjung ke blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel